Peluang Usaha Minuman Coklat

Respons: 0 komentar


Coklat adalah salah satu bahan utama yang selalu bisa diolah menjadi makanan/minuman yang menarik. Berbagai macam wirausaha yang menggunakan coklat sebagai bahan utama. Salah satu contohnya adalah bisnis minuman coklat, banyak sekali perusahaan waralaba yang sukses besar bergelut di dunia minuman dengan bahan utama coklat. Bisnis minuman berbahan coklat ini begitu menarik, karena tidak hanya bisa dikonsumsi sewaktu musim panas, namun di musim dingin pun bisa. Oleh karenanya omset penjual tidak bergantung pada musim seperti bisnis minuman yang lain.

Untuk bisa memulai wirausaha minuman coklat ini, bila anda belum memiliki pengalaman usaha, anda dapat mencoba menjalin kerja sama dengan perusahaan waralaba. Cara untuk memiliki bisnis waralaba ini sangat mudah. Anda bisa membuka situs perusahaan waralaba tersebut dan kemudian menghubungi tim marketingnya untuk mendapatkan informasi kemitraan yang lebih lengkap.

Atau jika anda pernah punya pengalaman bisnis kuliner dan punya modal, anda juga bisa memulainya tanpa berkerja sama dengan perusahaan waralaba, anda hanya butuh menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan, memang rasanya mungkin tidak sama dengan produk dari perusahaan waralaba, namun ini bisnis anda, andalah yang menentukan semua aspek binis ini.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu anda siapkan :

Coklat bubuk / batangan ( sesuai dengan kebutuhan)
Air Gula
Bahan pelengkap lainnya
Cup atau wadah untuk penyajian coklat anda
Es batu yang juga disesuaikan dengan kebutuhan pembeli apabila ingin dingin/panas

Untuk pengolahannya, anda membutuhkan panci ukuran kecil guna memanaskan air dan coklat, kompor dan tidak lupa tabung gasnya.

Cara pengolahannya sendiri relatif sederhana, anda hanya diminta memanaskan air dan coklat sesuai dengan kebutuhan, kemudian aduk hingga coklat dan air tercampur merata, setelah itu masukkanlah kedalam cup penyajian. Terakhir sajikan sesuai kebutuhan pembeli bila pembeli menginginkan coklat panas, maka jangan masukkan es batu dan berlaku sebaliknya.

Untuk perhitungan dana untuk memulai bisnis ini adalah sekitar 300 ribu, jumlah ini digunakan untuk membeli bahan-bahan utama. Dan untuk harga jualnya, anda bisa menetapkan harga 10 ribu per cup.


Perhitungan berikut ini sebagai contoh :

Modal awal 300 ribu anda bisa gunakan untuk membeli Coklat bubuk / batangan ( disesuaikan dengan kebutuhan) seharga 200 ribu dan Cup untuk penyajian coklat anda  seharga 40 ribu/lusin. Es batu dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli jika ingin dingin atau panas.Apabila anda punya kulkas sendiri, usahakan untuk membuat es batu ini sendiri agar dapat menghemat pengeluaran anda. Beli juga Gas seharga 60 ribu.

Untuk harga satuan cup minuman coklat ini anda bisa menjual dengan harga 8 -10 ribu, usahakan lokasi berjualan anda ditempat keramaian agar langsung menarik minat pembeli.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog