Peluang Usaha Gorengan Kaki Lima

Respons: 0 komentar

peluang usaha gorengan

Sebelumnya sudah pernah kami bahas tentang peluang usaha waralaba gorengan, kali ini kami akan bahas peluang usaha gorengan kaki lima.

Jualan kuliner tidak akan pernah ada matinya, selama anda selalu mengedepankan kualitas dan konsistensi ‘rasa makanan’. Karena jualan makanan berarti menjual ‘rasa’. Apalagi gorengan seperti tahu isi, tempe, cireng, ubi, singkong, pisang, bakwan dan lainnya adalah makanan cemilan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dan makanan ini tidak mengenal kelas karena semua masyarakat menggemarinya.

Tapi ada stigma jelek yang menempel pada usaha gorengan ini, yaitu minyak untuk menggorengnya tidak murni. Apakah itu minyak jelantah yang dimurnikan kembali, minyak yang dioplos dengan plastik hitam, bahkan minyak yang dioplos dengan oli bekas. Wihh.. mengerikan sekali dampaknya bagi orang yang makan gorengan itu. Karena titik senila, rusak susu sebelanga. Hanya karena ulah beberapa oknum pedagang gorengan, rusak sudah semua citra pedagang gorengan lainnya. Kasihan pada pedagang yang masih jujur dalam berdagang gorengan.

Peluang usaha gorengan jujur dan sehat inilah yang akan kita bidik pasarnya. Caranya adalah memasang stiker di gerobak dengan tulisan misalnya “Gorengan kami memakai 100% minyak bim*li”. Pajang juga beberapa minyak goreng yang masih utuh di etalase. Dengan strategi ini diharapkan masyarakat mau mengkonsumsi gorengan kita yang lebih sehat.

Dengan menerapkan strategi seperti ini memang akan membuat cost atau biaya produksi gorengan menjadi agak lebih besar, tapi bisa ditutup dengan menaikkan harga gorengan. Masyarakat akan menganggap harga tersebut masih wajar karena memakai minyak yang terjamin. Semisal harga pasaran gorengan adalah Rp. 2000/3 buah. Maka dengan minyak goreng premium, kita patok harga menjadi Rp. 1000/buah.

Analisa Mulai Usaha Gorengan
Gerobak kurang lebih 3 juta, peralatan masak (wajan, sodet, japit) 250ribu, kompor dan gas 400ribu, modal awal bahan baku gorengan selama 2 minggu sekitar 1juta. Total modal usaha gorengan adalah 4,650,000 atau dibulatkan menjadi 5 juta. Hanya dengan modal 5 juta, anda sudah bisa buka usaha gorengan kaki lima yang sehat dan menguntungkan.

Bagaimana, tertarik bisnis gorengan sehat?

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog