Peluang Usaha Foto Copy dan ATK

Respons: 0 komentar

usaha fotokopi dan atk

Usaha fotocopi dan ATK masih sangat menjanjikan prospek ke depannya. Walau sekarang sudah banyak printer yang bisa berfungsi untuk meng copy dokumen, tetap saja kebutuhan akan mesin fotocopy masih dicari.

Kemampuan mesin fotocopy yang mampu meng copy dokumen dengan waktu yang lebih cepat serta pelayanan jilid dokumen, merupakan salah satu faktor mengapa usaha ini akan tetap eksis dan maju.

Adanya kebutuhan bagi anak-anak sekolah dan kantor-kantor pada duplikasi dokumen dan jilid, merupakan pangsa pasar yang cukup besar. Jika anda tertarik untuk terjun ke bisnis fotocopy ini, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini :


1. Tempat Usaha. carilah lokasi usaha yang sangat dekat dengan sekolah, kampus, perkantoran, dan perumahan. jangan memilih tempat hanya karena harga sewanya murảh, tetapi hárus memperhatikan pangsa pasar yang dituju.

2. Mesin Fotocopy. sebaiknya untuk tes pasar gunakan mesin fotocpy sewaan. Karena saat awal buka usaha, kita belum tahu bagaimana prospektifnya lokasi usaha. Sewa mesin fotocopy berkisar 750ribu/bulan dengan mesin kecepatan sedang. Jika reaksi pasar bagus, bisa anda pertimbangkan untuk membeli mesin fotocopy.

3. Alat Tulis Kantor (ATK). sesuaikan ketersediaan ATK dengan lokasi usaha. jika lokasi usaha dekat dengan sekolah, maka perbanyaklah ATK yang berhubungan dengan kebutuhan anak-anak sekolah. Jika dekat kantor, maka yang harus diperbanyak adalah ATK kebutuhan kantor.

4. Karyawan. Pada awal buka usaha, rekrut satu orang karyawan yang dilatih untuk bisa mengoperasikan mesin fotocopy dan mengerjakan jilid. Jika respon pasar bagus dan customer juga banyak, pertimbangkan untuk rekrut satu atau dua orang lagi sesuai kebutuhan. Karena jika customer yang banyak tetapi tidak diimbangi dengan pelayanan yang bagus, customer dengan mudah pindah ke toko fotocopy yang lain.



Berapa modal minimum yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis fotocopy ini? Mari kita breakdown;

· Sewa tempat usaha; 10juta

· Sewa mesin fotocopy 3 bulan pertama; 3juta

· ATK ; 10juta

· Meja kaca display; 2juta

· Lain-lain ; 5juta

Total 30 juta sudah bisa memulai usaha fotokopi dan ATK.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog