Peluang Bisnis Parkir

Respons: 0 komentar
Parkir Modern; ruang sedikit tapi menampung banyak

Jakarta macet itu sudah biasa, dan gara-gara macet itulah sekarang ini sudah diberlakukan aturan dilarang parkir dibadan jalan. Akibatnya, selain jalan udah mulai agak lancar sedikit tetapi nyatanya banyak pemilik usaha yang terancam gulung tikar. loh koq bisa?

Bagi para pebisnis yang kebetulan memiliki usaha/toko di pinggir jalan jakarta dan kebetulan tokonya itu tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Maka imbasnya, toko tersebut mengalami penurunan omzet cukup signifikan dikarenakan pelanggan yang biasa parkir di badan jalan depan tokonya sudah tidak bisa datang lagi.

Inilah salah satu ancaman dalam berbisnis, yaitu adanya perubahan peraturan pemerintah. Walau seharusnya pemerintah melakukan kajian terlebih dahulu mengenai dampak ekonomi yang akan terjadi sebelum menerapkan peraturan tersebut.

Nasi sudah menjadi bubur, yang perlu kita lakukan hanyalah jualan bubur, tidak jadi jualan nasi. Kita sambut dengan pikiran yang positif bahwa setiap kesulitan ada kesempatan atau peluang usaha. Nah, disini saya memiliki ide bisnis lahan parkir yang mungkin bisa prospektif sehubungan dengan aturan larangan parkir di badan jalan. Ide ini berasal dari pengalaman saya sendiri, ketika sedang dalam perjalanan di Jakarta. Saat makan siang tiba, saya ingin makan di sebuah resto pinggir jalan tapi urung, karena tidak ada lahan parkir. Sedangkan jika parkir di badan jalan saya eemoh ditilang atau digembok atau diderek.

Idenya adalah membuat sebuah gedung parkir untuk menampung kendaraan-kendaraan yang tidak bisa parkir karena tidak adanya lahan parkir yang tersedia. Kekuatan pasar dari bisnis parkir ini adalah LOKASI. Cari tempat regional yang memiliki banyak toko tapi kurang lahan parkir.

Take over tanah kosong atau gedung yang sudah ada. Jadikan sebagai gedung parkir dengan tarif yang agak mahal. Saya yakin pasti akan tetap diminati, dengan pertimbangan daripada digembok atau diderek.

Dengan harga tanah jakarta yang menggila, saya rasa peluang usaha ini hanya untuk korporasi yang berkantong tebal saja. Tapi jika anda memang berjiwa entrepreneur, pasti bisa mengeksekusi ide bisnis ini dengan modal dengkul. caranya....?

Tanah? anda bisa menawarkan kerjasama dengan pemilik tanah, bilang bahwa anda siap membangun gedung diatas tanah mereka dengan sistem bagi hasil.
Dana? setelah dapat copy surat tanah, anda cari investor. bilang ke investor, bahwa anda memiliki tanah siap bangun yang bisa dijadikan sebagai lahan gedung parkir. Dan tentu saja beserta dengan bisnis plan lengkapnya. Jika Investor setuju, maka jadilah anda memiliki bisnis dengan omzet puluhan juta rupiah perhari. Sistem perparkiran modern mungkin bisa anda terapkan seperti yang terlihat pada gambar diatas.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog