Bisnis Batu Akik / Permata

Respons: 0 komentar

Bisnis yang lagi booming saat ini adalah bisnis batu akik / permata. Anda bisa lihat hampir di setiap jalan lingkungan pasti ada tukang batu akik kagetan dengan alat potong/poles/bentuk batu.



Walau produk utamanya adalah batu akik/permata, tapi bisnis pendampingnya sangat banyak. Mari kita lihat bisnis apa saja yang terkait dengan batu akik ini ;

  1. Bisnis Jual / Beli Batu Akik Jadi. Ini adalah bisnis utamanya, orang bisa membeli batu akik sekarang bisa di setiap pasar tradisional. Bahkan di jakarta ada Mall khusus untuk berjual beli batu akik, yaitu Plaza Rawabening di Jatinegara.
  2.  Bisnis Jasa Potong/Bentuk/Poles Batu Akik. Bisnis ini hanya memberikan jasa potong atau membentuk batu yang masih bahan hingga menjadi berbentuk seperti yang diinginkan. Batu yang sudah dibentuk dan dipoles biasanya sudah siap untuk dipasang di cincin.
  3.  Bisnis Penjualan Batu Bahan / Rough. Bisnis yang menyediakan atau menjual batu-batu yang masih dalam kondisi mentah.  Biasanya yang membeli batu rough ini adalah para penjual batu jadi. Dengan membeli batu dalam kondisi rough, mereka bisa meraup untung lebih banyak daripada membeli jadi.
  4.  Bisnis Penjualan Alat mesin Potong/Bentuk/Poles. Zaman dahulu orang membentuk batu dengan menggunakan kikir atau dengan membuat alat sederhana dari roda yang diputar dengan tangan. Tapi sekarang sudah lebih canggih, karena memakai motor sederhana yang dioperasikan dengan menggunakan power listrik.
  5.  Bisnis Cincin atau Ring. Bisnis ini membutuhkan keahlian tersendiri, karena tidak mudah untuk membuat cincin yang bagus.
  6. Bisnis Tes Keaslian Batu / Labs. Bisnis ini membutuhkan seorang ahli gemology untuk menjalankannya. Setiap orang yang ingin berjual beli batu akik/permata, biasanya akan menyertakan hasil tes gemology untuk menjamin bahwa batu yang dijual adalah asli natural.
  7. Bisnis Perlengkapan/ Asesoris Batu. Mencakup bisnis jual beli senter, mikroskop batu, dan box penyimpanan batu.
 Yang diperlukan untuk bisa terjun ke dalam bisnis batu akik ini hanyalah kemauan untuk belajar memahami jenis-jenis batu dan memahami cara mengenali batu asli natural dengan yang aspal. Soal modal, anda bisa menerapkan sistem konsinyasi dengan penjual batu.











No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog