Peluang Bisnis Warteg

Respons: 0 komentar

Siapa yang tidak kenal warteg? kependekan dari Warung Tegal. Warung makan favorit bagi kaum pekerja dan masyarakat bawah. Karena harga yang ditetapkan memang masih sangat terjangkau. Umumnya pemilik warteg ini memang orang-orang asli dari daerah tegal. Tapi seiring waktu, banyak juga yang meminjam istilah warteg ini pada warung makannya walau bukan dari tegal. Karena memang image atau kesan yang ingin ditimbulkan adalah warung makan dengan harga sangat terjangkau. Lagipula tidak ada paten tertentu yang dilanggar, jadi sah-sah saja jika anda ingin membuka usaha warteg walau bukan orang tegal.

peluang usaha warteg

Dalam berbisnis warteg, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1. Lokasi, ini sangat penting dalam mendirikan bisnis warteg. Usahakan anda mendapat lokasi yang dekat dengan lokasi kantor, proyek, atau jalan utama. Resiko rugi sangat besar jika mendapat lokasi yang tidak ramai traffik nya.
  2. Rasa, bisnis makanan adalah bisnis rasa. Yang anda jual adalah rasa makanan. Jangan harap pengunjung akan kembali ke warteg anda, jika waktu pertama kali berkunjung sudah mendapati rasa makanan yang kurang enak. Kontrol qualitas rasa makanan yang ada di warteg anda secara kontinyu.
  3. Harga, hal ini yang patut untuk selalu diingat oleh anda dan karyawan. untuk tidak mematok harga terlalu mahal. Bahkan kalau perlu berikan harga yang lebih murah daripada harga warteg sebelah.
  4. Porsi, ini juga merupakan hal yang krusial. Porsi nasi sebisa mungkin dalam porsi yang bikin kenyang. Karena umumnya pelanggan warteg adalah kaum pekerja keras dan masyarakat bawah, maka mereka biasanya perlu makan yang sampai kenyang. Jujur saja, saya juga termasuk penggemar warteg dan biasanya yang saya cari kriterianya adalah nasinya banyak (bikin kenyang), rasanya enak, dan harganya ga ngetok. Jika salah satu itu dilanggar, saya ga akan balik lagi ke warteg itu.
  5. Variasi Makanan, semakin banyak variasi makanan maka semakin bagus. Pelanggan yang datang tidak akan pernah bosan menu makanan yang ada. Variasi makanan yang sedikit dan yang itu-itu saja akan membuat pelanggan mencari variasi di warteg lain.
Berbisnis makanan adalah bisnis yang tidak akan pernah ada matinya selama orang-orang masih perlu makan. Bagaimana, anda tertarik bisnis warteg ?


No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog