Kunci Meningkatkan Produktifitas Karyawan

Respons: 0 komentar
Produktifitas karyawan sangat penting bagi perusahaan. Setidaknya perusahaan mengetahui bahwa uang gaji yang dikeluarkan untuk karyawan tidaklah sia-sia atau makan gaji buta. Banyak studi yang dilakukan oleh para peneliti dari kalangan ilmuwan umum atau peneliti dari kalangan korporat sendiri untuk menemukan cara meningkatkan produktifitas karyawan. Dan ada satu cara yang cukup murah untuk itu, yaitu menjadi bahagia. Sehingga perusahaan-perusahaan sekarang ini banyak yang memanjakan karyawan dengan berbagai fasilitas yang kompleks. Mulai dari tunjangan-tunjangan, gaji yang tinggi, fasilitas tempat kerja yang sangat nyaman, penyediaan makan siang gratis, fasilitas olahraga dan bermain, dan sebagainya. Yang intinya adalah menempatkan karyawan pada status tertinggi sebagai asset perusahaan. Pemberian fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kebahagiaan dan menekan tingkat stress dalam bekerja, yang pada akhirnya berakibat pada peningkatan output / outcome karyawan.

Marcus Aurelius pernah mengatakan bahwa; “sangat sedikit (biaya) yang dibutuhkan untuk hidup bahagia, semuanya dalam diri anda sendiri, yaitu cara berpikir.” Menjadi lebih bahagia dengan cara mengubah cara berpikir tidak membutuhkan biaya sama sekali. Tetapi cara berpikir seorang karyawan tidak bisa dikontrol. mungkin saja perusahaan mendatangkan seorang motivator untuk mengubah mindset karyawan, tetapi biasanya efek motivasional tersebut hanya sementara, dan karyawan kembali pada mindset yang lama. 

Sehingga yang dilakukan perusahaan hanya bisa memberikan fasilitas fisik dan tunjangan yang memadai, dengan harapan karyawan menjadi lebih bahagia di tempat kerja. tetapi ini hanya berlaku bagi perusahaan-perusahaan besar dengan jumlah karyawan lebih dari 100 orang. bagi perusahaan kecil, bisa dengan cara melakukan pendekatan persuasif secara personal kepada karyawan dalam membicarakan permasalahan kerja atau lainnya, dengan begitu karyawan memiliki penyaluran emosi. efeknya juga sama, yaitu menekan tingkat stress dan meningkatkan kebahagiaan karyawan



Karyawan yang lebih enjoy dalam bekerja akan lebih produktif dibandingkan karyawan dengan tingkat stress tinggi.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog