Wirausaha Semir Sepatu Profesional

Respons: 1 komentar
Semir sepatu mungkin salah satu jenis bisnis yang belum naik "kelas" di negara kita. karena pemain bisnis ini masih tergolong pemain kelas bawah, padahal pasar yang dituju adalah kaum menengah atas.
Di negara-negara maju, semir sepatu adalah termasuk bisnis yang dilakukan secara serius dan profesional. penyemir nya pun adalah lelaki dewasa, bukan anak-anak seperti yang biasa terlihat di negara kita.

Pangsa Pasar
Prospeknya pun tidak main-main jika dilihat dari pangsa pasar yang sangat luas. daerah perkantoran adalah target pasar yang sangat menarik. selama orang-orang masih memakai sepatu untuk pergi ke kantor, maka bisnis ini memiliki potensi yang hebat untuk dikembangkan. bisnis ini tergolong bisnis 'penampilan', karena yang dijual adalah jasa membersihkan dan mengkilapkan sepatu agar penampilan tetap terjaga.

Tempat
jika anda benar-benar ingin serius bergerak di bisnis ini, maka yang perlu diperhatikan pertama kali dalam membuka wirausaha semir sepatu ini adalah lokasi. carilah tempat yang benar-benar ramai dilalui orang pejalan kaki, karena disitulah target pasar anda, para pekerja kantoran yang berjalan kaki. anda tidak mungkin mengharapkan orang yang berkendara motor atau mobil untuk benar-benar menghampiri hanya sekedar untuk menyemir.
carilah tempat untuk dijadikan kios semir anda seperti di area; bandara, stasiun kereta, perkantoran, pusat belanja, dan lain-lain.

Pelayanan
seperti bisnis pada umumnya yang selalu mengutamakan pelayanan pelanggan sebagai ujung tombak marketing. bisnis semir sepatu ini adalah bisnis jasa, maka pelayanan adalah senjata paling pamungkas dalam merebut hati pelanggan. pelanggan yang puas akan menciptakan pelanggan yang loyal, hingga memberikan efek 'word of mouth' marketing yang gratis..tis.
Pelayanan yang mungkin bisa diberikan kepada customer; tempat duduk yang nyaman, media koran atau majalah sebagai bahan bacaan selama disemir, ruangan full AC, kopi atau teh gratis.

Harga
Penentuan harga dari jasa semir ini sangat relatif, karena ditentukan oleh lokasi. jika lokasi anda terletak didaerah perkantoran elit, maka harganya tidak mungkin seperti harga tukang semir jalanan. seandainya semir jalanan dihargai antara Rp. 2000 hingga Rp. 4000 per pasang sepatu. maka harga di kios yang terletak  di area perkantoran elit bisa sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- per pasang sepatu.
mungkin anda mengernyitkan dahi melihat harga tersebut dan pesimistis dengan prospeknya. tidak.. sama sekali tidak perlu khawatir, karena harga segitu bukanlah masalah bagi orang-orang yang bekerja di perkantoran elit yang notabene adalah kalangan menengah atas. tapi harga tersebut juga harus diimbangi dengan pelayanan yang "wah".

bisnis semir sepatu profesional ini belum banyak pemainnya... anda tertarik?

1 comment:

Bio Polish said...

Izin share produk Semir Sepatu Biopolish® untuk perawatan sepatu kulit dengan warna natural terbuat dari 100% bahan alami. Biopolish® dapat menjadikan sepatu kulit lebih mengkilap, terjaga kelenturannya & tahan air (anti air) sehingga sepatu kulit akan lebih awet & tahan lama.

Info Selengkapnya : www.biopolish.com

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog