Cara Melatih Pikiran Agar Tetap Kreatif

Respons: 1 komentar



Seperti Louis Pasteur yang terkenal mengatakan, "Kesempatan hanya menyokong pikiran yang siap." Untuk menjadi seorang pengusaha yang inovatif, Anda ingin menumbuhkan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga pikiran Anda siap ketika kesempatan muncul.

Ide kreatif sering kali datang dari kombinasi yang tidak biasa. Kombinasi yang tidak biasa, yang disebut "asosiasi terpencil," adalah ide-ide terkait yang mungkin tampak tidak terkait pada pandangan pertama. Mereka adalah inti dari berpikir kreatif.

Berikut ini empat strategi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk melatih pikiran agar lebih kreatif dalam bisnis :

 1. Kocok rutinitas Anda. Untuk memperluas cakrawala kreatif Anda, kelilingi diri Anda dengan berbagai perspektif dan pengalaman. Di luar pekerjaan, cari variasi-variasi dari rutinitas anda seperti; apa yang Anda makan, di mana Anda hang out, jenis-jenis seni yang Anda lihat, tempat Anda travelling, atau buku yang Anda baca.

Keanekaragaman memperkenalkan semua jenis rangsangan baru. Ini membuka pikiran Anda terhadap berbagai kemungkinan-kemungkinan baru. Anda lebih mungkin untuk menemukan solusi yang tidak biasa ketika Anda memiliki lebih banyak pilihan di pikiran Anda.

2. Cari Jawaban Yang Tidak Biasa. Kita sering mendiskusikan ide-ide penting dengan orang-orang terdekat kita seperti rekan kerja atau bahkan bos, tetapi kadang kita bisa melewatkan jawaban yang jelas walau hanya dari pertanyaan yang sederhana sekalipun.

Cari orang cerdas dengan sedikit pengetahuan tentang bisnis anda dan bicarakan apa yang sedang Anda hadapi sekarang. Anda mungkin akan terkejut dengan solusi yang bisa mereka berikan.

3. Lepaskan aturan kaku. Seperti dalam film Alice in Wonderland, lakukan latihan berpikir/berkhayal sesuatu hal yang tidak mungkin selama setengah jam setiap hari, tujuannya untuk melatih pikiran Anda agar  lebih terbuka. Berlatihlah membiarkan pikiran Anda mengembara dan datang dengan ide-ide sebanyak yang Anda bisa, walau ide-ide itu mungkin tampak tidak masuk akal, mungkin terlihat konyol atau lucu.

4. Amati dunia di sekitar Anda.  Orang-orang paling kreatif selalu waspada terhadap hal-hal menarik, bahkan ketika mereka sedang bekerja sekalipun.

jadikan laptop atau komputer anda penuh dengan ide-ide menarik, artikel, gambar, atau bahkan pikiran-pikiran yang sekedar lewat. Mereka mungkin akan berguna pada saat Anda tidak mengharapkannya.

Keep CreAtive to Be SuCceS

1 comment:

Andri Wahyu Sulistyo said...

artikel yg bagus,
semoga di indonesia ini smkin banyak bermunculan jiwa2 kreatif yang dapat mengangkat perekonomian negara yg seddang terpuruk ini.

salam kenal ya
kl ada waktu bolehlah berkunjung ke blog saya
http://www.mautau.net/

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog