Bisnis Pulsa, Masih Prospektif kah?

Respons: 0 komentar
Bisnis pulsa HP
Pulsa Handphone mulai ada ketika handphone lahir (ya iyalah, gimana mau pakai HP kalau ga ada pulsa....?). 
Bisnis pulsa berkembang seiring dengan berkembangnya HP. semakin banyak orang yang memakai HP sebagai alat komunikasi mobile dikarenakan harga HP yang semakin lama semakin murah. bahkan bukan tidak mungkin akan menjadi gratis...

gimana caranya bisa gratis? bisa, lewat promo dari perusahaan penyedia jasa telekomunikasi yang membundling HP dengan kartu SIM yang terintegrasi dan tidak bisa dipisah. Customer cukup membeli pulsanya saja. tetapi  HP yang digratiskan ini hanya memiliki fitur standar. hmmm... koq malah jadi omongin HP gratis. 

Back to Topic. jika kita perhatikan, banyak sekali toko yang menjual pulsa, baik toko yang memang khusus menjual Pulsa, HP, dan aksesorisnya, maupun toko kelontong yang juga ikut-ikutan menjual pulsa. bahkan pulsa ini sudah menjadi sebuah produk utama dari beberapa perusahaan MLM. yang para membernya sudah bisa mengisi pulsa sendiri dan bahkan menjadi agen mobile penjualan pulsa  juga.

Bisnis pulsa itu sendiri memang masih akan prospektif, tetapi yang tidak prospektif adalah mendirikan bisnis/usaha toko yang menjual khusus pulsa. Jadikan penjualan pulsa ini sebagai pelengkap dari usaha toko anda, bukan sebagai produk utama.

Sekitar tahun 2000 hingga 2009 adalah booming nya bisnis toko penjualan pulsa HP, saking banyaknya hingga jumlah toko pulsa yang bangkrut juga tidak sedikit dikarenakan persaingan yang terlalu sengit. 

kebangkrutan ini sebenarnya bisa dihindari, sekiranya pelaku bisnis bisa membaca pasar dan melakukan langkah antisipatif dengan mendiversifikasi produk yang dijual.

ke depannya, bukan tidak mungkin atau bahkan sudah terealisasi, bahwa pulsa nanti nya akan menjadi alat penukar sebagai alternatif pengganti uang fisik. belanja barang, bayar angkutan, jual beli, semua memakai pulsa sebagai alat penukar
kalau sudah begitu, HP pun perlu di pakaikan rante besi supaya ga ilang.... (kan dalamnya ada pulsa pengganti uang). nah.... bisnis "rantai HP" ini lah nanti yang akan booming mengikuti perkembangan pulsa sebagai alat tukar pengganti uang. berapa juta HP yang perlu dikalungin rante? dapat lagi dah ide bisnis baru...

yang perlu kita lakukan hanyalah jeli melihat peluang pasar dan kemampuan membaca masa depan pasar.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog