Bosan Jadi Karyawan – Transformasi Menjadi Business Owner

Respons: 2 komentar
Masih jadi karyawan ? pasti anda mengalami juga yang namanya 7P; Pergi Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas-Pasan. Penghasilan Cuma pas untuk hidup sehari-hari malah lebih banyak kurang, dan harus gali lobang sana sini untuk menutupi kekurangannya.

Jika masih memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha, setidaknya cobalah membuat usaha yang sifatnya masih sampingan. Jangan membuat keputusan untuk keluar dari pekerjaan utama, sebelum usaha sampingan anda benar-benar memberikan kontribusi penghasilan yang lebih besar dari penghasilan sebagai karyawan. Jadilah ampibi terlebih dahulu, yang hidup di dua alam. Alam karyawan dan alam entrepreneur. jangan alam ghaib yah... :)

Penghasilan sebagai karyawan dapat menopang modal kerja usaha sampingan anda, sebelum usaha itu dapat menghidupi dirinya sendiri. Kesulitan yang dialami oleh seorang ampibi adalah masalah pembagian waktu untuk usaha tersebut. Seorang ampibi harus rela menambah jam kerjanya diluar jam kantor untuk melakukan kegiatan operasional usaha pada awal-awal usaha. Bahkan harus rela untuk mengorbankan hari libur demi membangun dan mengembangkan usaha. Penambahan jam kerja ini mungkin tidak akan menjadi masalah bagi anda yang masih berstatus bujangan. Tetapi bagi yang sudah berkeluarga, maka diperlukan adanya komunikasi dengan pasangan dan anak-anak untuk bisa memahami kegiatan kita yang banyak menghabiskan waktu terutama waktu untuk keluarga. Minta dukungan dari pasangan anda atas aktifitas usaha sampingan ini, berikan pemahaman bahwa jika usaha sampingan ini bisa maju dan berkembang menjadi sebuah perusahaan besar, anda akan membayar utang waktu untuk keluarga anda dengan liburan panjang (kalau perlu keliling dunia).

Berkomitmen lah pada usaha anda walau sifatnya masih sampingan, fokuslah pada tiga bulan pertamanya. Karena tiga bulan pertama itu sangat penting bagi semua bisnis yang baru dibangun. Pada tiga bulan pertama itulah pondasi bisnis dibangun dan diuji cobakan (trial error). Jika bisa melewati tiga bulan pertama ini dengan baik, dalam arti mendapatkan penjualan yang cukup dan mampu mengatasi masalah-masalah bisnis yang timbul. Maka bulan-bulan berikutnya adalah tahap pengembangan perusahaan. Pengembangan usaha sebaiknya lebih difokuskan pada kegiatan pemasaran dan penjualan. Perbesar list customer anda dan lakukan apapun yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan secara bertahap. Dan secara perlahan tingkatkan kualitas produk  serta membenahi sistem bisnis.

Biasanya pada akhir tahun pertama, bisnis sudah mulai mampu menghidupi dirinya sendiri tanpa tambahan modal lagi. Pada tahun kedua sudah mulai bisa memberikan keuntungan dan membayar hutang-hutang usaha. Pada tahun ketiga, usaha mulai maju dan memberikan keuntungan yang lumayan. Pada tahun keempat, usaha sudah bisa menduplikasikan dirinya dengan mendirikan banyak cabang. Tahun kelima dan keenam diharapkan sudah memberikan kontribusi passive income yang besar untuk anda. Pada tahun ketujuh, anda sudah mendapati diri dalam keadaan ‘financial freedom’. Mimpi yang indah bukan? Ya, semua kesuksesan berawal dari mimpi.

2 comments:

jaya raya mandiri graphic said...

jika ingin berpenghasilan tak terbatas jadilah bisnis owner tapi untuk berpindah profesi karyawan menjadi bisnis owner cukup anda mengubah mindset otak dari kiri ke kanan, ya terkadang kaum otak kanan memang di anggap sinting karena terbiasa dengan imajinasi, kreativitas, tidak masuk akal. kunci lainnya jangan pernah berhenti untuk bermimpi dan impian impian inilah yang akan membawa anda menjadi manusia sukses. lihatlah Bill gates dia tidak membawa gelar untuk mewujudkan impiannya, mark zukenberg dengan impian mengalirkan informasi di dunia maya terciptalah facebook. Thomas alfa edison impian menerangkan dunia ini akhirnya menjadi kenyataan. walaupun percobaan untuk yang ke sekian kalinya. seandainya beliau gak meneruskan penelitiannya. tentu dunia ini gelap. percayalah Allah swt tidak akan merubah nasib suatu kaum apabila kaum itu sendiri yang mau mengubahnya.
silahkan ada searching list orang terkaya di dunia maupun di indonesia. gak ada satupun di urutan 10 besar yang berprofesi menjadi karyawan.
dan jangan berpikir tunggu ada modal dulu baru buat usaha, ini salah. sampai mati karywan itu gak akan bisa sukses, karena mereka bekerja hanya untuk bertahan hidup. tanggal 1 gajian tanggal 5 bayar cicilan tanggal 10 suasana rumah kaya neraka. sampai seterusnya. masih ingatkah pada impian anda ketika masih kecil saya ingin menjadi dokter, polisi, astonot, pilot, dll. Blankkkkkkk kkkkkkkkk.... ya otak andalah yang di cuci oleh bos anda di tempat anda bekerja, impian itu sekarang hilang dan blank. karena anda di sibukan dengan aktifitas . dan anda tidak sempat bahkan tidak lagi berani mempunyai impian.
semua itu di mulai dari diri sendiri, dan sekali lagi Allah swt tidak akan merubah nasib suatu kaum apabila kaum itu sendiri yang mau mengubahnya.
jangan tunggu modal, tahukan anda pengusaha sejati tidak menggunakan modal materi tetapi pengusaha sejati langsung memulai karena pengusaha percaya nanti akan sukses, pengusaha belajar dari kesalahan, gak tau mesti apa yang penting terus melakukan..kalau anda menunggu modal sampai hari ini berapa modal anda yang terkumpul ? otak kiri memikirka kenyataanya tetapi otak kanan actionnya n Do it. percaya tidak percaya LEFT benar RIGHT ketinggalan. pilih mana....?
kita manusia bukan superhero, sampai kapan anda sanggup bekerja ? penghasilan/ gaji apakah tetap mengalirketika kita sudah tidak sanggup lagi untuk bekerja. anda saat ini berpenghasilan tetapbukan tetap berpenghasilan. dan rutinitas itu kembali ke anak kita sampai ke cucu kita bahkan. lihat cerminan anda seorang karyawan di tempat anda bekerja carilah orang yang paling lama bekerja di tempat anda, selamat maka itulah anda yang akan datang. kalau yang belum bekerja / mahasiswa cerminan anda lihatlah orang tua anda, dan selamat maka itulah anda yang akan datang.
buatlah aset dari sekarang, agar kita bisa menikmati hasilnya dan mewujudkan impian bersama keluarga yang kita cintai. gak masalah latar belakang anda siapa. selagi anda punya keinginan dan kemauan untuk megubahnya. saya tidak sekolah tinggi bisa kenapa anda tidak.
ingatlah kuncinya PERUBAHAN dan PERCAYA PADA IMPIAN ANDA. Jangan pernah membiarkan seseorang mengatakan kepada Anda ... Anda tidak dapat melakukan sesuatu. Bahkan aku. Ok? Anda punya mimpi ... Anda harus melindunginya, Jika Anda ingin sesuatu, pergi mendapatkannya. Titik. http://qnetbalikpapan.blogspot.com/

Egi Mardianto Ramadhan said...

keren sih... cuma agak ribet nih prosesnya kayaknya.... cobain yang disini deh gan,.. prosesnya gampang dan cepat... selesai transfer langsung di konfirmasi jadiowner sejati
klik ajja http://t.co/V9L2lwXYJp

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog