Bisnis Relabeling

Respons: 0 komentar
Mungkin banyak dari anda yang masih kurang familiar dengan relabeling. bisnis relabeling adalah bisnis yang memakai produk orang lain yang kemudian diberikan label / merek sendiri. Bisnis model ini sangat banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki brand / merek yang kuat.

Karena mereka sudah memiliki merek yang dikenal masyarakat, mereka berani untuk menambah variasi produk dengan mengambil produk orang lain dan memberi merek sendiri.

Tisu Relabelling
Contohnya, para pemain bisnis retail seperti Carrefour, Hypermart, Giant, bahkan sekelas alfamart dan indomart sudah melakukan relabeling hampir semua produk yang ada di toko mereka sendiri. 
Produk-produk seperti tisu, snack, diapers, dan banyak lainnya sudah ada yang direlabel dengan brand mereka

Sebenarnya bisnis ini bisa dilakukan siapa saja, tapi cenderung harus memiliki modal yang kuat terutama modal merek/brand dan modal kerja. Karena akan sangat tidak mudah jika anda mencoba berbisnis relabeling ini jika tidak memiliki kedua hal tersebut, terutama brand. sedangkan modal kerja harus kuat, karena anda membeli secara putus produk yang anda ingin relabeling.

Langkah-langkah bisnis relabeling :
  1. Tentukan produk apa yang ingin anda pasarkan
  2. Lakukan penelitian pasar mengenai konsumen, pesaing, harga, kualitas, 
  3. Temukan pabrik yang membuat produk tersebut yang bersedia untuk direlabeling
  4. Pesan produk anda dengan spesifikasi yang berbeda dengan yang ada dipasaran
  5. Melakukan Relabeling terhadap produk tersebut
  6. Pasarkan dan promosikan 

Contoh kasus:

Mr. Udin ingin berbisnis celana jeans dengan memakai merek sendiri, tetapi Mr. Udin tidak ingin memiliki pabrik sendiri.  Mr. Udin beranggapan bahwa bisnis celana jeans masih sangat berpotensi.
Mr. Udin melakukan riset pasar mengenai pangsa pasar celana jeans, model apa yang sedang dan akan trend, bahan apa yang bagus, berapa harga dari kompetitor, dan seterusnya.
Mr. Udin pun melacak pabrik konveksi yang mau membuatkan celana jeans pesanannya, dia memesan 100 kodi untuk pertamanya. setelah selesai dia berikan label dibelakang celananya itu "U-Jeans" yang singkatan dari "Udin Jeans". Setelah selesai dia mulai memasarkannya ke pusat-pusat grosir pakaian, seperti Tanah Abang, Pasar pagi Mangga Dua, Cipulir dan lainnya.

Tertarik Bisnis Relabeling ?

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog