Berikan Brand - Merek pada Usaha Anda

Respons: 0 komentar
Branding merupakan salah satu aspek yang paling penting dari setiap bisnis, besar atau kecil. Sebuah strategi merek yang efektif memberikan keunggulan utama di pasar yang semakin kompetitif. Tapi apa sebenarnya arti dari "branding" ? Bagaimana hal itu mempengaruhi usaha Anda?

Secara sederhana, merek Anda adalah janji Anda kepada pelanggan Anda. Ia mengatakan kepada mereka apa yang bisa mereka harapkan dari produk dan jasa Anda, dan sesuatu yang  membedakan Anda dari pesaing Anda. 

 
Dasar dari merek Anda adalah logo. Situs web Anda, bahan kemasan dan promosi - semuanya harus mengintegrasikan logo - sebagai sesuatu yang mengkomunikasikan merek Anda. 

Strategi & Ekuitas Merek
 
strategi merek adalah bagaimana, apa, di mana, kapan dan kepada siapa anda berencana untuk berkomunikasi dan memberikan pesan brand Anda. Dimana Anda beriklan merupakan bagian dari strategi merek Anda. saluran distribusi Anda juga merupakan bagian dari strategi merek Anda. Dan apa yang Anda komunikasikan secara visual dan lisan adalah bagian dari strategi merek Anda juga.


strategi merek yang konsisten akan  mengarah kepada  ekuitas merek yang kuat, dan merupakan nilai tambah yang dibawa oleh produk kepada perusahaan Anda. sehingga memungkinkan anda untuk menetapkan harga yang lebih mahal atas produk dan layanan Anda, bila dibandingkan dengan produk sejenis yang tidak bermerek. Contoh paling jelas dari hal ini adalah Coke vs soda generik. Karena Coca-Cola telah membangun ekuitas merek yang kuat, sehingga pelanggan tidak sungkan untuk membayar dengan harga yang lebih tinggi.
Nilai tambah intrinsik untuk ekuitas merek biasanya datang dalam bentuk persepsi kualitas atau sisi emosional. Misalnya, Nike diasosiasikan sebagai produk untuk atlit profesional,  dan berharap pelanggan akan mentransfer ikatan emosional mereka dari atlet terhadap produk tersebut. Untuk Nike, bukan hanya fitur sepatu yang menjual. tetapi lebih kepada prestigius dari merek yang selalu dipakai oleh atlet hebat.

Mendefinisikan Merek
Mendefinisikan merek seperti sebuah perjalanan penemuan jati diri. Ini bisa sulit, memakan waktu dan tidak nyaman. Hal ini membutuhkan, setidaknya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan:

    
* Apa misi perusahaan Anda?
    
* Apa manfaat dan fitur produk atau jasa Anda?
    
* Apa pandangan dari pelanggan dan prospek tentang perusahaan Anda?
    
* Kualitas apa yang Anda ingin mereka untuk mengasosiasikan  perusahaan Anda?


Lakukan penelitian. Pelajari kebiasaan, kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda saat ini dan yang akan datang. 

 
Karena mendefinisikan dan mengembangkan strategi merek dapat menjadi kompleks, maka pertimbangkan untuk memakai jasa konsultan marketing. atau anda dapat membuat sebuah kelompok mastermind untuk mendiskusikan hal ini.


Setelah Anda telah mendefinisikan merek Anda, bagaimana cara mengkomunikasikan merek Anda? Berikut adalah beberapa kiat sederhana :
  1.  Buat sebuah logo besar. Tempatkan logo itu di mana-mana.
  2.  Tuliskan pesan merek Anda. Apa pesan kunci yang ingin Anda komunikasikan tentang merek Anda?
  3.  Integrasikan merek Anda. biarkan merek meluas ke setiap aspek bisnis Anda - cara Anda menjawab telepon Anda, seragam perusahaan, e-mail signature, semuanya.
  4.  Buat sebuah "suara" yang mencerminkan merek. Suara ini harus diterapkan ke semua komunikasi tertulis dan dimasukkan dalam citra visual semua bahan media.
  5.  Ciptakan desain  standar merek untuk materi pemasaran Anda. Gunakan skema warna yang sama, penempatan logo, tampilan dan nuansa. Tidak perlu mewah, yang penting konsisten.
  6.  Jujur terhadap merek anda. Pelanggan tidak akan kembali kepada Anda - atau memberikan referensi kepada orang lain - jika Anda tidak memenuhi janji merek Anda.
  7. konsisten. ini adalah hal yang paling penting dalam membangun merek. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, maka sia-sia usaha anda dalam membangun merek.
       
 

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog