6 Kesalahan Fatal Dalam Marketing

Respons: 1 komentar
marketing alias pemasaran adalah ujung tombak dari bisnis/usaha, karena marketing lah yang menentukan maju mundurnya sebuah usaha. berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam marketing yang harus dihindari :

  1. tidak memiliki perencanaan marketing (marketing plan) : sebagai seorang pelaku bisnis sudah seharusnya anda memiliki perencanaan bisnis yang lengkap. terutama perencanaan marketing dari produk anda. seperti sebuah pepatah mengatakan "if you fail to plan, you plan to fail"  yang artinya kira-kira begini, "jika anda gagal dalam membuat perencanaan, maka anda telah berencana untuk gagal". karena itu, buatlah perencanaan marketing yang komplit, meliputi ; perencanaan promosi, pelanggan, produk baru, anggaran promosi, layanan, harga, dan lain2 yang menyangkut pemasaran.
  2. tidak memiliki diferensiasi dengan kompetitor : menjadi unik dan berbeda dari kompetitor adalah sebuah keharusan bagi sebuah bisnis yang ingin sukses. jangan pernah menjadi seorang pelaku bisnis "me too" alias latah. kalaupun anda memang ingin terjun ke bisnis yang banyak orang sudah terjun karena "me too" itu, maka setidaknya anda harus melakukan diferensiasi atau menjadi berbeda dengan kompetitor anda melalui berbagai cara, apakah berbeda dari cara layanan, bentuk produk, varian produk, layanan yang lebih baik dan lebih cepat, kemasan produk dan lainnya. karena jika anda ikut bisnis 'me too' dengan menjiplak habis dan tidak ada pembeda sama sekali dengan kompetitor maka kemungkinan besar anda akan terbawa pada perang harga, karena itulah satu-satunya yang akan membedakan anda dengan pesaing. dan perang harga hanya akan membawa kepada kehancuran usaha.
  3. tidak memiliki program refferral ; program refferal adalah salah satu bentuk marketing yang memanfaatkan customer kita untuk mendapatkan customer baru. program ini sangat ampuh dalam memperbanyak customer tanpa harus mengeluarkan biaya iklan media luar yang menghabiskan dana cukup besar tetapi belum pasti keefektifannya. biaya iklan inilah yang akan dipakai untuk memberikan reward kepada para customer yang bisa memberikan customer baru. yang paling penting untuk diingat adalah jangan sekali-kali memberikan reward dalam bentuk uang tunai. berikanlah dalam bentuk barang, diskon dalam persentase besar, atau dalam bentuk poin yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah. ini dimaksudkan agar tidak adanya kekecewaan bagi customer lama dalam mengklaim reward atas customer baru yang didapatkannya. karena sudah menjadi sebuah keniscayaan, bahwa klaim untuk uang tunai selalu berbelit dan tidak pernah bisa cepat. dan rasa berbelit dan lelet inilah yang bisa menimbulkan kekecewaan customer lama kepada perusahaan kita.
  4. mengabaikan customer lama ; banyak perusahaan yang fokus pada pencarian customer baru tetapi melupakan atau mengabaikan customer lama. padahal biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan customer baru lebih besar daripada biaya dalam 'merawat' customer lama. berdayakan customer lama anda dengan memberikan info produk-produk  terbaru anda dengan mengirimkan brosur-brosur disertai dengan kupon diskon. agar customer lama selalu up date dengan produk baru anda dan datang kembali untuk melakukan pembelian ulang (repeat order). untuk itu, anda sebagai pelaku bisnis diharapkan membangun database pelanggan-pelanggan anda. dan dengan database itulah anda 'merawat' customer lama dengan sebaik mungkin.
  5. tidak melakukan kerja sama dengan perusahaan lain ; tidak ada satu pun orang atau badan usaha di dunia ini yang tidak membutuhkan orang lain dan badan usaha lain untuk bisa maju dan berkembang. tidak terkecuali anda yang sedang membaca tulisan ini. apapun bisnis yang anda coba untuk kembangkan tidak akan berhasil tanpa bantuan orang atau pihak lain. buatlah kerjasama saling menguntungkan dengan perusahaan yang memiliki produk yang berkaitan dengan produk yang anda jual. misalnya anda memiliki usaha "gym/ fitness center" cobalah untuk menjalin kerjasama marketing dengan perusahaan "suplemen kesehatan" dengan saling bertukar kupon diskon. kupon diskon fitness center untuk para pelanggan yang membeli produk suplemen kesehatan. begitu sebaliknya, kupon diskon suplemen kesehatan untuk para pelanggan setia gym center. yang perlu diingat dalam kerja sama ini adalah bahwa kedua belah pihak harus sama-sama merasa diuntungkan dengan adanya kerjasama ini. otomatis kerjasama ini telah membuat kesempatan dalam mendapatkan customer-customer baru atau bisa dibilang "pertukaran customer".
  6. tidak menyadari bahwa anda berada dalam bisnis marketing ; apapun produk anda, seharusnya anda lebih menyadari bahwa bisnis anda adalah marketing. semua orang bisa membuat sebuah produk unggulan untuk bisa dijual, tetapi memerlukan orang yang lebih cerdas untuk memasarkannya. pebisnis andal adalah seorang genius marketing.


disarikan dari "6 deadly small business mistakes"
by : David Frey

1 comment:

bungarawabelong.com said...

Numpang belajar marketing di sini supaya bisnis bunga daku bisa sukses.
Thanks for sharing sobat.

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog