Memberi Untuk Mendapatkan

Respons: 0 komentar



Kadangkala bisnis /usaha kita terhambat sedikit dengan segala masalah yang timbul dalam operasionalnya, selain ihktiar lahir untuk menyelesaikan masalah bisnis tersebut diperlukan juga ikhtiar batin. Mungkin saja bisnis anda agak terhambat karena anda lupa mengeluarkan zakat dan sedekahnya.

Mungkin ini adalah salah satu faktor yang sering dilupakan oleh para pengusaha/ pelaku bisnis untuk mensukseskan usaha/bisnisnya, yaitu mengeluarkan zakat dan sedekah. Karena dengan sedekah, ada beberapa manfaat yang terkait dengan bisnis seperti; memperlancar urusan, menambah rejeki dan menghilangkan bahaya. 

Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia, bahkan telah mendermakan uangnya sebanyak 28 milliar dollar (sekitar 252 trilyun rupiah) untuk sebuah yayasan yang didirikannya. Mungkin anda pernah berpikir atau berencana seperti ini, "saya akan berderma/bersedekah jika saya sudah menjadi kaya". tapi kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya, untuk menjadi orang kaya maka anda harus berderma/ bersedekah terlebih dahulu. lepas dari keyakinan beragama anda, apakah anda muslim atau non muslim, prinsip ini bersifat universal. yaitu "untuk menuai, anda harus menanam terlebih dahulu", "untuk menerima, anda harus memberi terlebih dahulu".

Kalau anda seorang muslim, anda pasti tahu pada Surah Al Anam (6):160 bahwa Allah SWT menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. ini tentu saja berlaku bagi semua manusia di muka bumi baik muslim atau non muslim, siapa pun yang berbuat baik terutama derma (sedekah) akan diberikan imbalan berlipat-lipat.

Para motivator atau pelatih self development dari barat, bahkan memberikan tip untuk selalu mengeluarkan derma. dengan alasan bahwa dengan derma inilah, kita telah membuat pengakuan sebagai orang yang berkelimpahan. Rasa berkelimpahan inilah yang akan mendorong kita untuk lebih sukses dan lebih kaya dari sebelumnya.


quote:


As-Saba ayat 39
Katakanlah : Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rejeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang di kehendaki-Nya. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rejeki yang sebaik baiknya

Al Anaam 135
Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya aku pun berbuat (pula).
Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik dari dunia ini. Sesungguhnya, orang-orang yang dzalim itu tidak akan mendapat keberuntungan



Al Anaam 160
Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).

At Thaalaq 7
Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.

singkat cerita, jika anda ingin sukses bisnis maka jangan tinggalkan derma alias sedekah. jadikan sedekah sebagai bagian yang tak terpisah dari bisnis anda. Memberi lebih untuk mendapatkan lebih.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog