Bagaimana Cara Mengembangkan Usaha yang Sudah Berjalan

Respons: 1 komentar

cara mengembangkan bisnis

Banyak orang yang bingung bagaimana cara memulai usaha, tetapi juga tidak sedikit yang bingung bagaimana cara mengembangkan usaha yang sudah berjalan. Jumlah pengunjung/pelanggan yang tidak bertambah, omzet penjualan yang tidak naik-naik bahkan semakin berkurang, adalah satu dari sekian banyak masalah dalam berwirausaha. dan sebagai wirausahawan tentunya kita menginginkan usaha kita menjadi maju dan berkembang.

Tetapi kenyataan di lapangan sangat berbeda, dari sebuah penelitian di Amerika menunjukkan hasil bahwa dari sekian banyak usaha yang didirikan, hanya 5% saja yang bertahan pada 4 tahun pertama. dan tinggal sekitar 2% saja usaha yang exist pada 4 tahun kedua. Ini menunjukkan bahwa memang banyak sekali usaha yang harus tutup dikarenakan oleh faktor-faktor ketidakmampuan sang pengusaha dalam mengembangkan usahanya.

Mari kita lihat hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengembangkan usaha agar menjadi maju dan berkembang :

Mental sang Pengusaha
membutuhkan keberanian yang luar biasa dalam membuka sebuah usaha, karena mempertaruhkan banyak modal yang harus ditanam dalam memulai usaha seperti, uang, tenaga, waktu, dan pikiran. dan sebagai pengusaha, anda pasti tidak menginginkan kerugian apalagi kalau sampai bagkrut, walau anda sadar bahwa itu sudah menjadi resiko seorang pengusaha. sebuah usaha hanya akan berjalan kepada salah satu dari dua arah, yaitu arah bangkrut dan arah sukses. banyak yang tahu jalan menuju arah kebangkrutan tetapi tidak banyak yang tahu jalan ke arah sukses. untuk memajukan usaha agar maju dan berkembang maka pertama-tama yang harus dibenahi adalah mental sang pengusaha. sebagai seorang wirausahawan, anda harus mempunyai mental baja, tahan banting, tidak mudah menyerah. banyak pengusaha yang tidak mampu mengembangkan usahanya dikarenakan memang tidak atau kurang memiliki mental untuk sukses.

Inovasi
Kurang Inovasi dalam berwirausaha akan menyebabkan usaha anda mandek alias jalan di tempat. anda harus membuat sebuah inovasi minimal sebulan sekali, karena dengan inovasi inilah sebuah usaha dapat terus exist bahkan maju dan berkembang. Bayangkan jika sebuah perusahaan software komputer seperti microsoft tidak membuat inovasi apapun dalam perusahaannya. Mungkin sekarang anda masih menggunakan komputer dengan program DOS.

Inovasi dapat dilakukan pada semua aspek usaha, dengan tujuan utama dari inovasi itu adalah efisiensi dan efektifitas usaha, merebut pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, dan optimalisasi profit. Aspek usaha yang bisa di inovasikan seperti; produk, karyawan, sistem kerja karyawan, sistem pelayanan pelanggan, sistem pemasaran, sistem produksi, sistem keuangan, tempat usaha, dan aspek-aspek lainnya.

Contoh inovasi produk; jika anda seorang wirausaha kuliner dengan produk utama bakso, anda dapat berinovasi dengan membuat bakso dari bahan ikan, yang menjadi bakso ikan atau bakso udang. itu inovasi dari segi rasa. dari segi bentuk, anda bisa membuat bakso kotak, sate bakso, bakso donat (tengahnya bolong), dan seterusnya.

Berinovasilah dengan produk anda dan komunikasikan kepada pelanggan anda dengan membuat selebaran atau spanduk dengan kata-kata yang menarik. Dari 2 hal ini saja usaha anda sudah bisa maju dan berkembang.

Fleksibel dan Terus Belajar
Banyak usaha yang tidak maju dan berkembang dikarenakan sang pengusaha memiliki sifat kolot, keras pendirian, tidak mau tahu perkembangan jaman, dan tidak mau belajar. Untuk bisa maju dan berkembang, seorang pengelola atau pemilik usaha dituntut untuk selalu up to date dengan berbagai kemajuan teknologi terutama yang berkaitan langsung dengan usahanya.

Contohnya; usaha wartel dulu adalah primadona karena memang sangat dibutuhkan. dan pada saat itu HP masih terbilang barang mewah, karena harga yang selangit, pulsanya juga selangit. para pengusaha wartel yang tidak visioner alias kolot akan bangkrut ketika HP bukan lagi menjadi barang mewah. Tetapi jika pengusaha wartel itu visioner, ia akan mengantisipasi perubahan tren dengan mengubah wartel nya menjadi sebuah kios pengisian pulsa, reparasi HP, penjualan aksesoris HP, Jual beli HP Second, penjualan konten HP, dan seterusnya.


1 comment:

Dotse Morinho said...

Salah satu cara yang paling berpengaruh untuk meningkatkan perusahaan adalah dengan meningkatkan manajemen mutu yaitu ISO dan Sertifikasi

isokonsultindo konsultannya ISO
http://www.isokonsultindo.com

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog