Perumpamaan Bisnis Sebagai Sebuah Mobil

Respons: 0 komentar


Mari kita main perumpamaan dengan mengibaratkan sebuah usaha dengan sebuah mobil.

Driver
Mobil itu punya "supir" yang mengarahkan kendaraannya, kemana arah tujuan mobil, berapa kecepatannya dalam perjalanan, bagaimana sikap si supir terhadap mobil-mobil lain yang sejenis, dan keahlian si supir dalam mengendarai mobil itu (apakah sudah cukup pengalaman dan mahir, atau minim pengalaman karena baru belajar mengendarai).

Artinya;
Sebuah bisnis itu pasti mempunyai seorang pemimpin, kemana arah dan tujuan dari perusahaan itu tergantung kepada visi dan misi sang pemimpin. Pengalaman pemimpin yang cukup pada bisnis tersebut akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Apakah dia memang seorang veteran atau seorang newbie. Jika anda mempunyai mobil baru, apakah anda akan mempercayakan seseorang yang baru saja belajar mengendarai mobil, untuk membawa mobil anda? saya yakin pasti jawabannya tidak. Kecuali jika anda sengaja membelikan mobil tersebut untuknya.

Jika anda seorang business owner, Hire lah seorang 'driver' yang cukup jago dan mengerti seluk beluk 'jalan' untuk memimpin perusahaan anda.

Karyawan
Kita ibaratkan karyawan sebagai mesin mobil. Ketika anda ingin membeli sebuah mobil, maka anda pasti akan memperhatikan kemampuan /performa mesin mobil tersebut. Setiap mesin dari setiap jenis mobil mempunyai kemampuan yang berbeda, dan ini harus anda sesuaikan dengan kantong anda.
Mesin dengan silinder 3000cc akan memakan lebih banyak bahan bakar daripada mesin 1000cc. Dan sudah pasti lari mobilnya pun berbeda.

Artinya;
Ketika kita akan membuka usaha, kita harus memilih karyawan. Dan memilih karyawan pun tidak seperti membeli kacang goreng, yang dibeli langsung dimakan. Tetapi melewati beberapa tahapan penyeleksian. Jika anda menginginkan karyawan tersebut adalah orang yang berpengalaman maka anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk menggajinya. Karena karyawan berpengalaman itu lebih mahal daripada karyawan dengan nol pengalaman. Karyawan berpengalaman yang diibaratkan sebagai mesin 3000cc ini memang menyedot bahan bakar lebih banyak (gaji yang besar) tetapi dengan kemampuannya, mobil bisa berlari lebih cepat untuk sampai ditujuan.

Dan ini tergantung kepada kebijaksanaan anda sebagai supir ... eh sebagai pengusaha untuk membuat keputusan dalam memilih karyawan yang disesuaikan dengan dana dan tujuan perusahaan.

Selamat mengendarai, ingat untuk pakai sabuk pengaman dan perhatikan rambu-rambu lalu lintas agar anda selamat sampai di tujuan.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog