Kunci Sukses Karir dan Bisnis

Respons: 0 komentar

sukses bisnis

Salah satu faktor kesuksesan seseorang dalam karir dan bisnisnya adalah MENCINTAI PEKERJAAN. Banyak contoh hidup yang menunjukkan bahwa seseorang bisa berhasil / success dalam hidupnya dikarenakan ia menikmati apa yang ia kerjakan atau apa yang ia usahakan dalam kehidupan ini. Menikmati pekerjaan atau merasa bahwa pekerjaan yang kita kerjakan adalah hal yang menyenangkan, akan membuat kita menjadi lebih sukses bila dibandingkan dengan orang yang menekuni bidang yang sama tetapi menganggap pekerjaan itu hanya sebatas profesi untuk mencari nafkah.

Kebanyakan orang yang memilih pekerjaan hanya dikarenakan faktor jumlah salary atau penghasilan yang menggiurkan, dan bahkan ada sebagian orang yang tidak bisa memilih pekerjaan tetapi pekerjaan lah yang memilih dia karena hanya pekerjaan itulah yang tersedia untuknya.

Motivasi yang salah dan ketidakmampuan dalam membuat pilihan hidup, telah mencetak pecundang-pecundang kehidupan. Seringkali pilihan hidup kita ditentukan oleh orang-orang di sekeliling kita (orang tua, kakak, guru, saudara, tetangga, dan lainnya), bukan oleh diri kita sendiri. Biasanya hal ini dikarenakan kita tidak memiliki referensi kehidupan yang memadai untuk menentukan sendiri pilihan hidup kita. Kurangnya pengetahuan, wawasan dan pengalaman membuat kita merasa ngeri untuk membuat keputusan-keputusan penting dalam hidup kita. Yang pada akhirnya, keputusan-keputusan itu kita ambil berdasarkan kata hati atau pun rekomendasi pihak lain. Padahal yang terbaik adalah kita mengambil keputusan berdasarkan fakta-fakta yang ada dalam hidup, misalnya; fakta bahwa kita menyukai dunia komputer tetapi karena bujukan orangtua, saran dari guru, atau paksaan dari pacar, kita memilih profesi Akuntansi. Mungkin anda bisa sukses juga di akuntansi tetapi akan lebih sukses lagi jika anda terjun ke dunia komputer yang anda senangi. Sebelum anda membuat keputusan, biasakanlah terlebih dahulu untuk selalu membuat data tentang fakta-fakta yang ada, sehingga anda bisa menghindari sebuah Penyesalan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Begitu pula mengenai Karir / Bisnis, jika kita ingin sukses dalam hal finansial atau kepuasan pribadi maka sudah seharusnya kita memilih pekerjaan / bisnis yang bisa membuat kita lupa diri dikarenakan terlalu asyiknya diri kita tenggelam dalam pekerjaan itu. Walau seberat apapun masalah yang timbul dari pekerjaan itu tidak akan menjadi sesuatu yang terasa memberatkan. Lain halnya jika kita bekerja pada bidang yang tidak kita sukai (tapi terpaksa kita kerjakan karena tidak ada pekerjaan lain), sekecil apapun masalah yang timbul dari pekerjaan itu, akan membuat kita menderita Stress.

Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa anda tidak menyukai pekerjaan anda yang sekarang misalnya sering merasa mengantuk, mudah bosan, selalu melihat jam (karena ingin cepat pulang), hasil kerja kurang maksimal, kurang fokus, dan mudah merasa lelah. Lain halnya jika kita mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan minat / hobi kita. Saking asyiknya, anda tidak pernah memperhatikan jam kerja, lupa segala-galanya karena terlalu fokus pada pekerjaan (lupa mandi, lupa makan, lupa minum, bahkan lupa gosok gigi…), bahkan anda sampai pada tingkat terobsesi pada pekerjaan itu.

Jadi, marilah kita membuat keputusan untuk memilih karir atau bisnis yang sesuai dengan minat / hobi / kesenangan kita walaupun kenyataannya bidang itu tidak memberikan penghasilan yang cukup. Tapi percayalah, jika kita menekuni bidang pekerjaan yang kita senangi itu dan menjadi yang terbaik di bidangnya lalu tercipta suatu spesialisasi. Maka orang yang membutuhkan tenaga kita akan membayar mahal untuk bidang spesialisasi kita. Ingat prinsip ini ; Semakin sedikit orang yang bisa mengerjakan pekerjaan kita, maka semakin mahal harga dari tenaga kita. Sebaliknya, semakin banyak orang yang bisa melakukan pekerjaan anda, maka semakin murahlah harga dari jasa/tenaga kita.

Lalu pertanyaannya ; bagaimana caranya supaya kita bisa memilih profesi atau bisnis yang kita sukai jika kita sekarang masih bekerja dengan profesi yang membuat kita selalu merasa mengantuk?

jika anda sekarang berada dalam posisi “pekerjaan yang memilih anda” atau dengan kata lain anda memiliki profesi yang tidak atau kurang anda sukai. Dan anda berniat untuk pindah ke profesi yang anda senangi, maka lakukanlah pekerjaan atau bisnis yang anda senangi itu secara part time terlebih dahulu dengan tidak meninggalkan pekerjaan utama anda. Selanjutnya, apabila penghasilan dari profesi atau bisnis part time yang anda senangi itu sudah melampaui penghasilan utama (dari pekerjaan yang tidak anda sukai). Maka anda sudah bisa mengundurkan diri secara baik-baik kepada bos anda, dan mengatakan bahwa anda sudah memiliki pekerjaan yang lebih baik.

No comments:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog